Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengeksplorasi Kemeriahan Wisata Malam Kota Solo

Wisata Malam Solo

Wisata Malam Solo, Kemana Aja?

Sudah jadi rahasia umum kalau Solo itu kota yang nggak pernah tidur. Malam hari selalu ada aja keseruan yang menanti untuk dieksplorasi. Kamu yang lagi nyari hiburan pas malam minggu atau tengah malem begadang, tenang, Solo punya banyak pilihan wisata malam yang seru abis!

Maksudnya wisata malam itu apa sih? 

Wisata malam ya kegiatan jalan-jalan atau mencari hiburan di waktu malam hari. Bisa mulai dari nongkrong di kafe, dugem di diskotik, nonton pertunjukan, hingga sekedar jalan-jalan di alun-alun atau taman kota. Yang penting, aktivitasnya dilakukan selepas matahari terbenam.

Nah, di Solo sendiri, pilihan wisata malamnya beragam banget. Mulai dari wisata kuliner, wisata belanja, hiburan panggung, sampai wisata alam pun ada. Tertarik mencobanya?

Wisata Kuliner Malam di Solo

Solo memang surganya kuliner, terutama kuliner malam. Bisa dibilang dari dulu hingga sekarang, tradisi ngeculer atau jalan-jalan mencari kuliner di malam hari selalu menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat Solo. Nggak heran kalau di sepanjang sudut kota banyak dijumpai warung makan dan angkringan yang selalu ramai pengunjung bahkan sampai dini hari.

Beberapa rekomendasi kuliner malam yang wajib kamu cicipi saat berada di Solo:

  1. Ngopi di Angkringan Joko Kendil Siapa yang nggak kenal Angkringan Joko Kendil yang legendaris ini? Lokasinya ada di beberapa tempat seperti di sekitar Balai Kota, dekat RS Moewardi, dll. Di sini kamu bisa menikmati suasana angkringan khas Solo sambil menyeruput kopi pahit dan makan kudapan ringan seperti sate kerang, tempe bacem, dan tahu telur.
  2. Makan Bakso Koh So Klaten Bakso yang satu ini justru lebih terkenal di Solo daripada di Klaten, daerah asalnya. Bakso Koh So memang sudah jadi salah satu kuliner wajib bagi para pelancong malam. Kuahnya gurih dengan isian bakso berisi dan ditambah ceker ayam yang empuk, dijamin bakalan nambah terus!
  3. Jajan Sate Ayam di Sate Buntar Udah ke Solo tapi belum makan Sate Buntar rasanya seperti ada yang kurang. Sate ayam ini diracik dengan bumbu rempah khas Solo yang medok dan sangat lezat. Lokasinya ada di dekat pasar Legi dan juga di kawasan sekitar stasiun Balapan. Tambah lezat kalau disiram sambal kemiri yang pedas mantap.
  4. Nongkrong di Kafe Rumsong 24 Jam Kafe ini buka 24 jam lho, jadi kamu bisa datang kapan pun, bahkan dini hari sekalipun. Konsepnya unik, karena letaknya di dalam perkampungan padat penduduk. Interiornya juga didesain cozy dengan aneka dekorasi khas rumah Jawa. Menu makanan dan minumannya lengkap dan yummy!

Bakmi Jawa Pak Bilal Paling nikmat dinikmati saat tengah malam, bakmi Jawa kuliner legendaris ini terletak di depan Stadion Sriwedari. Selain bakminya yang juara, cuanki dan mi rebus disini juga enggak kalah nikmat. Pakde Bilal buka warungnya dari jam 7 malam sampai menjelang pagi.

Jadi, selain menghabiskan waktu di kafe, mall atau destinasi wisata lain di Solo, jangan lupa juga menikmati suasana wisata kulinernya yang serba murah dan lezat! Malam-malam di Solo akan terasa kurang lengkap tanpa mencicipi kuliner kaki lima ikoniknya.

Bukan cuma lezat, harganya pun sangat ramah di kantong mahasiswa. Jadi, jangan kuatir kehabisan duit gara-gara wisata kuliner ya!

Wisata Belanja Malam

Kalau kamu termasuk kaki mall, Solo juga punya banyak tempat nongkrong sekaligus belanja di malam hari. Contohnya, kamu bisa menghabiskan waktu di Singosaren Mall, Solo Grand Mall, atau Solo Paragon Lifestyle Mall. Di sini tersedia banyak tenant baik untuk makan, nonton bioskop, hingga shopping sampai puas.

Hiburan Panggung Malam

Selain wisata kuliner, Solo juga punya berbagai pilihan hiburan panggung yang bisa mengisi malam-malammu dengan tontonan seru. Dari pertunjukan musik hingga seni tradisional, semuanya bisa kamu temukan di kota ini.

  1. House of Sampoerna Berlokasi di kawasan stadion Manahan, House of Sampoerna merupakan salah satu tempat hiburan musik terbesar di Solo. Setiap malamnya selalu ada pertunjukan live music dari band-band kenamaan baik lokal maupun nasional. Kamu bisa menikmati panggung musiknya sambil menyantap hidangan lezat dan meneguk minuman di sini.
  2. Taman Satwa Taru Jurug Selain bisa melihat aneka satwa, di Taman Satwa Taru Jurug kamu juga bisa menikmati pertunjukan ritual malam yang menghadirkan budaya mistis Jawa. Pertunjukan ritual ini dilakukan setiap malam untuk memanjatkan doa dan memohon keselamatan. Suasananya sangat magis dan menegangkan.
  3. Pentas Seni Tradisional Kampung Batik Di berbagai kampung wisata batik seperti Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman, kamu bisa menyaksikan pertunjukan seni tradisional seperti karawitan, ketoprak, atau campursari. Tur keliling kampung sambil nonton pentas budaya, sangat rekomended untuk mengisi malam di Solo.
  4. Suguhan Seni di Pendopo Hampir setiap malam di pendopo-pendopo besar seperti Pendopo Tawangmangu, Pendopo Sasono Langen Budoyo hingga pendopo kawasan wisata lainnya, selalu ada suguhan kesenian tradisional. Kamu bisa menyaksikan pentas wayang kulit, campursari, atau ketoprak sambil menikmati suasana Jawa yang syahdu.
  5. Gelaran Event Budaya Di Solo sering diadakan event-event budaya baik lokal, nasional, maupun internasional seperti Solo Batik Carnival dan Festival Keraton Nusantara. Saat iven semacam ini digelar, biasanya selalu ada panggung hiburan seperti tari-tarian, musik tradisional, dan seni pertunjukan lainnya selama malam hari.

Jadi selain malam hiburan di kafe atau mall, kamu bisa memilih hiburan panggung yang bisa dinikmati secara live di Solo. Berbagai seni pertunjukan dan budaya ditawarkan untuk mengisi malam-malammu dengan tontonan yang berbeda dan menghibur!

Wisata Alam Malam

Uniknya lagi, Solo bahkan menawarkan wisata alam yang bisa kamu nikmati di malam hari. Contohnya adalah menikmati keindahan Taman Balekambang saat gelap, atau menjelajahi kawasan Grojogan Sewu yang merupakan kawasan air terjun di tebing jurang. Indah dan menantang adrenalin sekaligus!

So, malam minggu ini mau ngapain? Bebaskan dirimu untuk menikmati kemeriahan wisata malam Solo yang seru dan menghibur!

Seperti yang sudah diulas, Solo punya banyak sekali pilihan wisata malam yang bisa dijelajahi. Mulai dari wisata kuliner legendaris, wisata belanja di mall, hiburan panggung khas Solonan, hingga wisata alam yang menantang adrenalin, semuanya bisa kamu temukan di kota ini. Jadikan malam-malammu lebih berwarna dengan menyambangi wisata malam Solo!


FAQ (Frequently Asked Questions):

1. Kapan waktu terbaik untuk menikmati wisata malam di Solo?

   Wisata malam di Solo bisa dinikmati mulai sekitar pukul 7 malam hingga dini hari. Tapi biasanya akan lebih ramai setelah pukul 9 malam.


2. Kuliner malam apa yang paling terkenal di Solo?

   Beberapa kuliner malam yang terkenal dan wajib dicoba saat berada di Solo antara lain angkringan Joko Kendil, bakso Pak Koh So, dan sate ayam Buntar.


3. Apakah destinasi wisata malam di Solo aman untuk dikunjungi?

   Ya, sebagian besar destinasi wisata malam di Solo cukup aman untuk dikunjungi, asalkan tetap waspada dan tidak bertindak ceroboh.


4. Berapa rata-rata budget yang dibutuhkan untuk menikmati wisata malam di Solo?

   Untuk menikmati wisata kuliner malam saja, kamu hanya perlu menyediakan budget sekitar Rp50.000 - Rp100.000 per orang. Sedangkan untuk mengunjungi hiburan panggung atau wisata belanja, tentu saja biayanya akan lebih besar.


5. Apakah ada transportasi khusus yang bisa digunakan untuk berwisata malam di Solo?

   Tidak ada transportasi khusus. Kamu bisa menggunakan transportasi umum seperti bus, angkutan kota, atau juga menyewa jasa transportasi online seperti Gojek dan Grab.

Posting Komentar untuk "Mengeksplorasi Kemeriahan Wisata Malam Kota Solo"